Minggu, 08 Maret 2015

Wayang Beber

Hai sobat! Selamat datang di |AnK|Blog.
Mungkin sebagian orang mengenal wayang hanya sebatas wayang kulit, wayang golek, atau wayang orang. Padahal, terdapat jenis wayang lainnya yang hampir terlupakan, salah satunya adalah wayang beber.
Menurut beberapa sumber, wayang beber  merupakan salah satu wayang tertua di Indonesia . Muncul sekitar 550 tahun silam dan mengalami masa kejayaan selama 400 tahun.
Secara umum wayang beber tidak jauh berbeda dengan wayang lainnya, yang sama-sama digunakan untuk kepentingan pertunjukan. Perbedaannya adalah pada bentuk wayang, cerita pementasan, dan komponen yang ada dalam pertunjukan.
Wayang beber berupa lukisan yang dibuat pada gulungan kertas (dulunya dilukis di atas daun lontar atau daun siwalan dengan cara dijujud atau didistorsi), berisikan cerita yang akan dikisahkan oleh seorang dalang dan dimainkan dengan cara membeberkannya.
Kata Beber sendiri menurut bahasa jawa berarti njentrehke atau dalam bahasa Indonesia berarti dibentangkan atau diuraikan. Pementesan wayang beber  bisa dikatakan minim dan jarang ditemui. Namun  jika kamu ingin menyaksikan pertunjukannya, dapat ditemukan di daerah Pacitan dan Gunungkidul, Yogyakarta.
Pementasan wayang ini biasanya digelar pada ritual-ritual tertentu seperti ruwat, bersih desa, menolak hama, atau proses kehidupan manusia (kelahiran, pernikahan, khitanan). Wayang beber dulunya tidak diiringi dengan gamelan, namun seiring berkembangnya jaman wayang beber kemudian diiringi gamelan yang sederhana yaitu kendang, rebab, kenong, gong, kethuk raras jangga, dan kempul raras lima.
Ssstt.. !!  Oleh pewarisnya, wayang ini dikeramatkan dan tak sembarang bisa dipertunjukkan, lo! harus melalui ritual tertentu. Wayang beber kini, memang sudah kurang populer, namun dalam perjalanannya, wayang beber  menyimpan banyak sejarah yang perlu dilestarikan.

Dikutip dari: "http://www.kidnesia.com/Kidnesia2014/Indonesiaku/Teropong-Daerah/DI-Yogyakarta/Seni-Budaya/Wayang-Beber-Wayang-Tertua-di-Indonesia"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar