Minggu, 08 Maret 2015

Adab dan Tata Krama Berdo'a di Islam

Hai sobat! Selamat datang di |AnK|Blog.
Berjumpa lagi dengan Admin, kali ini kita akan membahas
tentang Adab dan Tata Krama Berdo'a di Islam.
Oke, langsung saja nih...

  1. Ikhlaskan niat. Allah swt. berfirman, "Maka sembahlah Allah dengan memurnikan ibadah kepada-Nya."(Q.S. al-Mu'min: 14)
  2. Jauhi makanan dan pakaian yang haram. Yang dimaksud disini adalah berdo'a jangan sambil makan makanan haram dan memakai pakaian yang tidak menutup aurat/kotor.
  3. Usahakan jauhi perbuatan yang dilarang dan lakukan perbuatan-perbuatan baik. jika sobat sering berbuat baik, maka do'a akan mudah terkabul.
  4. Berdo'alah dalam keadaan bersih. Yaitu, suci dari hadats besar dan kecil.
  5. Sebelum berdo'a, diutamakan untuk mengucapkan istighfar dan memulai do'a dengan hamdalah (bertujuan untuk memuji Allah swt.) serta shalawat dan salam atas junjungan kita Nabi Muhammad saw..
  6. Menghadap kiblat disertai dengan mengangkat kedua tangan sampai kedua telapak tangan sejajar dengan pundak. Rasulullah saw. bersabda, "Allah adalah Pemalu dan Pemurah, Yang 'malu' jika ada seorang hamba mengangkat kedua tangan kepada-Nya (untuk berdo'a), lalu dikembalikannya hampa (kosong)."
  7. Berdo'a dan meminta hal-hal yang baik, artinya jangan mendo'akan seseorang agar terkena celaka dan kejelkan, tetapi jika ada seseorang yang menganiaya kamu, maka cukup kamu ucapkan do'a berikut ini. "Cukuplah bagi kita Allah dan Dia adalah sebaik-baiknya Zat yang dipasrahi."
Jadi, gimana nih sobat? udah tahu belum? kalau sobat sudah tahu dan paham, maka Alhamdulillah. Akan tetapi nih, bagi yang belum tahu, semoga bisa cepat tahu. "Billahi Taufik wal Hidayah, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar